Apakah anda ingin menghadirkan sajian ayam dengan rasa lezat? Jika ya, maka cara membuat ayam ungkep berikut ini bisa menjadi pilihan terbaik. Seperti sudah diketahui, mengungkep ayam sendiri memang menjadi salah satu pilihan bagi banyak orang jika ingin menghadirkan ayam goreng dengan cita rasa yang sangat lezat. 

Ayam ungkep disini merupakan olahan daging ayam dimana direbus terlebih dahulu dengan menggunakan rempah-rempah khas Indonesia. Di Indonesia, keberadaannya sendiri sangat popular terutama untuk sajian ayam goreng. Untuk membuat sajian ayam inipun ternyata tidaklah sulit seperti di bayangan lho. 

Terlebih lagi bumbu dan rempah yang harus anda siapkan dahulu dijamin akan ditemukan di dapur anda. Nah, jika anda ingin menyajikan olahan ayam dengan cita rasa sangat tinggi, maka bisa langsung memanfaatkan resep ayam ungkep berikut ini terlebih dahulu. 

Resep  Ayam Ungkep Mudah 

Untuk membuat ayam ungkep sendiri  sebenarnya tidaklah sulit buat dilakukan karena anda dapat menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Namun menyiapkan rempah dan bumbu memang terkadang membutuhkan waktu cukup lama. Terlebih lagi jika terdapat bahan yang belum tersedia di dapur, maka anda harus membelinya terlebih dahulu. 

Namun jangan khawatir, karena sekarang anda sudah diberikan kemudahan dalam membuat ayam ungkep ini. Yakni dengan memanfaatkan bumbu instan untuk ungkep. Teang! Cita rasa yang dihadirkan juga tidak kalah dengan menggunakan bumbu langsung. 

Adapun resep dan bahan yang harus anda siapkan ternyata tidaklah sulit dan bahkan mudah. berikut ini beberapa bahan dan bumbu yang harus disiapkan terlebih dahulu . 

  1. Ayam potong 1 kg. anda bisa memotongnya menjadi 12 bagian terlebih dahulu. 
  2. Bumbu racik instan 1 bungkus
  3. Garam 1 sdm. 

Cara Membuat Ayam Ungkep 

Jika anda sudah menyiapkan ketiga bahan utama diatas, maka bisa langsung ke tahap proses pembuatannya. Untuk proses memasak ayam ungkep juga tidaklah rumit dilakukan. Terlebih lagi, anda juga sudah menggunakan bumbu instan sehingga tidak perlu lagi memikirkan untuk mengulek atau menghaluskan bumbu. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini step by step  dalam pembuatan ayam ungkep dengan bumbu instan ini. 

  1. Anda bisa membersihkan daging ayam hingga bersih dan tidak ada kotoran yang menempel 
  2. Siapkan air ke dalam wadah wajan untuk merebus bisa wajan atau  panci. Masukkan ayam yang sudah dibersihkan tadi ke dalamnya. 
  3. Pastikan jangan menggunakan air yang terlalu banyak. Mengingat ayam potong sendiri akan cepat matang dan empuk. 
  4. Jika ayam sudah dimasukkan semua ke dalam panci, anda bisa langsung memasukkan bumbu racik instan ayam goreng 1 bungkus ke dalamnya. 
  5. Tambahkan juga garam yang sudah disiapkan tadi
  6. Aduk-aduk  hingga semua bumbu merata dan menutupi semua ayamnya. Tutup pancinya dan tunggu hingga 15-20 menit hingga daging ayam sudah matang. 
  7. Jika sudah matang dan airnya telah menyusut, maka anda bisa langsung mengangkatnya. Ambil ayam dan taruh di tempat yang berbeda. 

Cara Menggoreng Ayam Ungkep Yang Tepat 

Bagaimana mudah bukan cara membuat ayam ungkep diatas menggunakan bumbu instan? Jika anda ingin langsung menggoreng ayam diatas buat disajikan kepada anak maupun anggota keluarga lainnya, maka jangan khawatir. Karena untuk menggorengnya sendiri ternyata tidaklah sulit dilakukan 

Bahkan sama seperti dengan menggoreng ayam lainnya. Namun untuk hasil yang lebih maksimal, maka kami akan memberikan tutorial dalam menggoreng jenis ayam ini agar tetap lezat sekaligus menggugah selera makan. 

  1. Anda bisa menyiapkan wajan yang berisi minyak untuk menggoreng. Panaskan terlebih dahulu minyak tersebut sebelum memasukkan ayam ungkepnya. 
  2. Jika sudah panas, anda bisa memasukkan ayam ungkep ke dalamnya. Gunakan api sedang agar bisa matang dengan sempurna. 
  3. Setelah itu, goreng ayam hingga berwarna kecoklatan. Apabila sudah, maka anda bisa langsung mengangkatnya segera. 
  4. Sajikan ayam goreng ungkep ini dengan nasi hangat ataupun sambal sebagai pelengkapnya dijamin akan menggugah selera makan anda dan keluarga. 

Manfaat Mengkonsumsi Ayam Potong 

Jika  sebelumnya sudah mengetahui bagaimanakah membuat sajian kuliner ayam goreng ungkep, maka anda juga harus mengetahui apa manfaat dari ayam potong. Seperti sudah diketahui, daging ayam potong inipun ternyata sangat digemari oleh masyarakat karena berbagai macam alasan. 

Salah satunya adalah dagingnya cukup besar sekaligus empuk sehingga sangat lezat untuk disantap. Bukan hanya itu saja, harga dari ayam potong inipun cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan ayam kampung dan lainnya. Bahkan bisa dibilang sebagai sumber protein yang cukup tinggi. 

Itulah mengapa ayam memang menjadi salah satu satu daging yang paling digemari  oleh keluarga. Ada banyak manfaat dari ayam potong ini  diantaranya adalah sebagai berikut. 

  1. Berfungsi Sebagai Sumber Protein 

Protein menjadi salah satu nutrisi yang sangat penting untuk tubuh karena bisa mengembalikan energi didalam tubuh. Bahkan dalam ayam potong ini ternyata terdapat 37 gram protein dalam 100 gram ayamnya. 

Adapun protein didalam daging inipun juga berperan aktif dalam menjaga kesehatan tubuh. Bukan hanya berguna sebagai sumber energy saja tetapi juga berperan aktif dalam membangun sekaligus memperbaiki jaringan dalam tubuh. Tidak sampai disitu saja, komponen inipun berguna buat menyusun hampir semua bagian tubuh manusia. 

  • Dapat Meningkatkan Sistem Imun 

Dengan adanya sistem imun yang terjaga tentu akan membuat anda terhindar dari berbagai macam jenis penyakit ataupun infeksi dari virus bukan. nah, karena ayam potong ini mengandung protein cukup tinggi maka  dapat berguna sebagai pemecah racun dalam tubuh. 

Selain itu, kandungan inipun juga berperan aktif dalam membentuk antibodi yang dapat melawan infeksi bakteri ataupun virus. Jadi secara tidak langsung dengan mengkonsumsi ayam inilah maka tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit. 

  • Membentuk Massa Otot 

Masih ada lagi manfaat yang dihadirkan dari keberadaan ayam potong ini yakni mampu membentuk massa otot. Lagi-lagi ini juga berasal dari adanya kandungan protein di dalamnya yang cukup tinggi. Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi daging ayam inipun akan membantu menjaga kekuatan dari otot. 

Protein didalam daging ayam inipun dapat membantu untuk memperbaiki kerusakan sekecil apapun di dalam otot sehingga nantinya otot dapat tumbuh jauh lebih besar sekaligus kuat. 

  • Membuat Jantung Lebih Sehat

Ternyata daging inipun juga dipercaya mampu membuat jantung lebih sehat lho. Bahkan penyakit jantung koroner dapat dihindari dengan rutin mengkonsumsi jenis ayam ini. Ini karena kadar lemak jenuh yang sedikit dapat meminimalisir risiko  penyakit jantung. Kandungan vitamin B6 lah yang berperan aktif buat mencegah penyakit jantung. 

Menyajikan olahan ayam goreng memang dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan mengungkepnya terlebih dahulu. Sudah tahu cara membuat ayam ungkep paling mudah dan praktis bukan?. Anda juga bisa mengikuti langkah-langkah di atas melalui video yang ada di channel Dapur Mama Kyna di bawah ini : 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here