Uli's Kitchen on Youtube
Uli's Kitchen on Youtube

Inilah Resep Ayam Bakar Kecap dan Sambal Goreng yang Lezat

Siapa sih yang tidak suka makanan dengan bahan utama ayam? Entah digoreng, dibakar, dibuat sate, direndang, dan juga lainnya ayam selalu menjad favorit. Dalam artikel kali ini akan membahas mengenai resep ayam bakar kecap yang lezat dan juga resep sambal goreng yang membuat ayam bakar menjadi lebih sedap ala Uli’s Kitchen.

Resep Ayam Bakar Kecap

Untuk membuat ayam bakar kecap, Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa bahan yang mudah ditemukan, bahan tersebut diantaranya adalah seperti di bawah ini,

Bahan utama

  • 1 ekor ayam negeri yang masih utuh, bisa juga diganti dengan ayam kampung (berat sekitar 1 ½ kg)
  • 1 buah jeruk nipis
  • garam secukupnya

Bahan bumbu kuning yang dihaluskan

Bumbu yang dihaluskan ini, bisa Kamu haluskan menggunakan blender, atau kalau tidak ada bisa diganti dengan cara diulek sampai halus merata menggunakan cobek.

  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 ruas kunyit
  • 5 butir kemiri
  • 2 sdm ketumbar bubuk (bisa diganti dengan ketumbar yang masih dalam bentuk butiran)
  • Air secukupnya

Bahan tambahan untuk mengungkep dan membakar ayam

  • 2 batang serai
  • 1 ruas jahe (memarkan)
  • 1 ruas lengkuas (memarkan)
  • 5 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 ½ sdt garam
  • 2 sdt kaldu ayam bubuk
  • Kecap manis secukupnya (untuk olesan ayam)

Cara membuat ayam bakar kecap

Pembuatan ayam bakar kecap ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan, hanya saja terdapat beberapa tahapan yang perlu Kamu lalui, terlebih ayam juga perlu diungkep, lalu dibakar, dan ada saat dimana ayam perlu didiamkan beberapa waktu terlebih dahulu agar bumbunya bisa meresap sempurna. Berikut ini cara membuat resep ayam bakar kecap yang lezat.

  1. Belah bagian perut ayam, biarkan ayam dalam keadaan satu ekor utuh tanpa perlu dipotong menjadi beberapa bagian. Setelah itu, cuci ayam sampai bersih.
  2. Letakan ayam ke dalam wadah, kemudian lumuri ayam dengan jeruk nipis, lalu tambahkan juga garam secukupnya. Pastikan seluruh permukaan ayam terlumuri secara merata. Setelah itu, diamkan ayam selama 20 menit, lalu ayam dicuci kembali hingga bersih.
  3. Sambil menunggu ayam didiamkan selama 20 menit, Kamu bisa mulai membuat bumbu halus.
  4. Potong-potong bawang putih, bawang merah, dan kunyit agar tidak terlalu besar sehingga mudah untuk dihaluskan. Masukan ketiga bahan tersebut ke dalam blender, lalu tambahkan kemiri, ketumbar bubuk, dan air secukupnya. Haluskan bumbu tersebut sampai benar-benar halus. Jika sudah selesai, bumbu disisihkan terlebih dahulu.
  5. Setelah ayam dicuci bersih, langkah selanjutnya adalah melebarkan ayam sehingga menjadi dua sisi yang datar menggunakan tusuk sate, cara ini dilakukan agar saat dimasak ayam tidak mengkerut dan bentuknya tetap melebar. Tusuk sate tersebut ditusukan secara horizontal di bagian tengah ayam.
  6. Letakan ayam ke dalam panci, selanjutnya tuang bumbu kuning yang tadi sudah dihaluskan, tambahkan batang serai, lengkuas, dan jahe yang juga sudah dimemarkan, daun jeruk, daun salam, 2 ½ sdt garam, dan 2 sdt kaldu ayam bubuk. Tambahkan juga air hingga ayam tertutupi secara merata, jangan lupa untuk mengaduknya dulu agar bumbu dan air tercampur.
  7. Rebus dan ungkep ayam hingga airnya agak menyusut, jangan lupa juga untuk membalik ayam agar matang secara merata. Setelah airnya berkurang, diamkan ayam selama kurang lebih satu jam, tapi jika Kamu ingin bumbunya lebih meresap, maka ayam bisa didamkan lebih lama dari itu.
  8. Sambil menunggu ayam yang sudah diungkep tersebut didiamkan, Kamu bisa memulai untuk membuat sambal goreng.
  9. Setelah ayam selesai didiamkan dan bumbu sudah meresap sempurna, selanjutnya adalah menyiapkan peralatan untuk membakar ayam tersebut. Bakar satu sisi ayam terlebih dahulu sampai kering, baru kemudian ayam dibalik untuk membakar sisi yang lain.
  10. Sambil menunggu sisi ayam yang lain dibakar hingga kering, oleskan kecap manis secara merata di sisi lain permukaan ayam yang sudah dibakar tadi, pastikan kecap manis dioles secara merata. Kemudian ayam dibalik lagi, dan oleskan kecap manis secara merata ke sisi lain yang belum dilumuri kecap manis.
  11. Pengolesan kecap manis tersebut dilakukan sebanyak dua kali di setiap sisinya agar bumbunya terserap secara merata. Jika sudah dirasa cukup proses pembakarannya, angkat ayam tersebut dan sajikan bersama dengan sambal goreng yang telah dibuat, jangan lupa untuk menambahkan lalapan agar lebih sedap.
  12. Kamu bisa menikmati ayam bakar kecap dan juga sambal goreng yang lezat ini dengan nasi yang masih hangat.

Resep Sambal Goreng

Menikmati berbagai olahan ayam baik itu dibakar ataupun digoreng akan lebih lengkap jika disajikan bersamaan dengan sambal. Sambal memang menjadi pelengkap masakan apapun, untuk bahan dan juga cara membuat sambal goreng bisa Kamu lihat di bawah ini.

Sambil menunggu bumbu pada ayam yang sudah diungkep tadi meresap seluruhnya, Kamu bisa menggunakan waktu ini untuk membuat sambal goreng yang sedap. Bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah ditemukan.

Bahan untuk membuat sambal goreng:

  • 35 buah cabai rawit merah
  • 8 buah cabai merah besar
  • 1 buah tomat (dibelah menjadi dua)
  • 3 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdt garam
  • 3 sdt gula pasir
  • ½ sdt kaldu ayam bubuk
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat sambal goreng

Pembuatan sambal goreng ini sama halnya dengan membuat sambal pada umumnya, hanya saja di dalam resep ini proses penghalusan bahan sambal dilakukan menggunakan blender, Kamu juga bisa mengganti blender menggunakan cobek. Cara pembuatan sambal goreng tersebut yakni

  1. Bahan-bahan seperti cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang putih, dan bawang merah digoreng terlebih dahulu sampai kelihatan layu. Kemudian angkat dan masukan ke dalam blender, bahan-bahan tersebut dihaluskan sampai benar-benar halus merata.
  2. Selanjutnya adalah tumis bumbu yang sudah dihaluskan tersebut menggunakan 2 sdm minyak goreng. Kemudian masukan daun jeruk, garam, gula pasir, dan kaldu ayam bubuk, lalu masak dan aduk hingga warna bumbu tersebut menjadi agak merah.
  3. Jika sambal sudah berubah warna menjadi kemerahan dan minyaknya juga sudah mulai keluar, artinya sambal goreng sudah matang. Angkat dan sajikan sambal goreng yang sedap ini ke dalam mangkuk kecil.

Itulah resep ayam bakar kecap dan juga resep sambal goreng yang bisa Kamu jadikan acuan saat memasak, bagaimana, mudah sekali bukan? Sebelum mulai memasak, pastikan semua bahan ataupun bumbu yang diperlukan sudah tersedia, beserta peralatan memasak yang diperlukan. Anda juga bisa mengulangi kembali tahapan-tahapan di atas melalui video yang dibagikan oleh Uli’s Kitchen di Youtube di bawah ini:

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here