Sejak Pan & Co Japanese Fluffy Pancakes beroperasi di Pondok Indah Mall, Jakarta Selatan, hampir 1 tahun silam, restoran yang berdekor serba kuning ini boleh dibilang hampir tak pernah sepi pengunjung. Lambat laun, kami jadi penasaran apa yang membuat pancake ini begitu spesial sehingga membuat para pengunjung rela antri.

Berbeda dengan pancake a la barat yang bulat pipih, pancake di Pan & Co bentuknya bulat tebal mengembang dengan tekstur yang sangat lembut atau fluffy, sesuai namanya.

Secara garis besar, pancake ini terbagi dalam 2 pilihan rasa, Sweet Pancake (Rp 49.000 – Rp. 59.000) dan Savory Pancake (Rp. 55.000 – Rp 65.000).

Versi asli dari pancake Pan & Co terdapat di Sweet Pancake dengan nama Original, yang isinya madu, whipped cream, golden caramel dan es krim vanilla. Variasi lainnya kamu bisa pilih antara Fruit Parfait, Chizu Boba, Strawberry Miss You, Uji Matcha Azuki dan Chokoreto Banana.

Untuk Savory Pancake, pilihannya adalah Beef Bacon & Egg, Chicken Party dan yang ingin menu sehat, bisa pilih Healthy Start dengan isi sayuran dan jamur.

Sebagai penggemar boba (bubble), akhirnya kami pesan Chizu Boba Pancake yang merupakan salah satu best-seller dengan light cheese cream, bubble dan es krim vanilla.

Untuk menghasilkan tekstur fluffy diperlukan waktu 20 hingga 30 menit supaya mengembang dengan sempurna. Berhubung durasinya cukup lama, maka hal ini sudah diperingatkan sebelumnya melalui banner dan waiter yang melayani kamu akan mengkonfirmasi ulang.

Untungnya, pancake kami tiba lebih cepat dari dugaan karena kedatangan kami kebetulan pada hari biasa setelah pukul 20.30, di mana jumlah pengunjung mulai menyurut. Namun bila masih lama menunggu, melihat langsung pembuatan pancake di dekat pintu masuk restoran dapat menghilangkan rasa bosan sejenak.

Dalam sepiring pancake Chizu Boba kami, terdapat 2 slice pancake yang disiram light cream cheese dengan boba dan es krim vanilla yang disajikan secara terpisah. Di sini nih mulai serunya, ketika kami menuang sendiri boba yang direndam di gula Jawa ke permukaan pancake-nya, yang boleh dibilang gagal karena begitu licinnya hingga hampir semua bobanya jatuh ke piring.

Pancake yang nampak tebal dari luar ternyata sangat lembut menyerupai foam ketika dipotong dengan garpu, yang tentunya harus sambil menciduk boba di piring yang sudah bercampur dengan cream cheese-nya dan jangan lupa didampingi es krim vanilla-nya untuk menikmati seutuhnya.

Kami akui, rasa adonan pancake yang ringan dan gurih telur menyatu sangat baik dengan boba, es krim vanilla yang tidak terlalu manis, serta sensasi cream cheese yang asin manis membuat pancake ini semakin menggoyang lidah. Awalnya, kami sempat mengira bahwa 2 slice pancake tebal akan terlalu banyak untuk disantap seorang diri. Nyatanya, porsinya sedang dan enaknya nagih!

Sejak awal buka, khusus produk pancake tidak boleh take away entah kenapa. Namun sejak pandemi covid-19, Pan & Co melakukan penyesuaian dengan menyediakan 5 menu pancake khusus take away dengan harga lebih murah, antara Rp. 39.000 hingga Rp 43.000, karena ukurannya sedikit lebih kecil daripada ukuran normal. Varian rasanya pun tidak benar-benar sama persis dengan versi dine-in, yakni Dalgoba (yang terinspirasi dari dalgona coffee), Sakura Berry, Choco Crumble, Cheese Boba (terus terang yang ini sama persis dengan Chizu Boba yang kami makan) dan Honey Caramel. Untuk penambahan boba, es krim vanilla dan chizu cream dikenakan harga Rp. 9000 per porsinya.

Selain pancake, Pan & Co juga menyediakan pasta a la Jepang, toast bread, salad, light bites (camilan) dan tentunya menu nasi dalam bentuk bento atau rice set. Harga per porsinya dibanderol antara Rp. 49.000 hingga Rp. 69.000.

Kami pun sempat mencoba menu pastanya, yakni Mentai-Rose Spaghetti (Rp. 69.000) dengan saus cream cheese dicampur tomat yang membuatnya berwarna kemerahan, crabstick, udang dan telur ikan (tobiko). Untuk rasa, spaghetti ini benar-benar highly recommended bagi yang suka keju dan udangnya cukup banyak. Satu-satunya yang disayangkan adalah porsinya menurut kami agak kedikitan, sehingga kurang mengenyangkan bagi yang betul-betul lapar.

Menu minuman yang tersedia juga cukup bervariasi, mulai dari coffee, latte, boba fever hingga specialty drinks, dengan kisaran harga dari Rp 25.000 hingga Rp. 42.000.

Bagi kamu yang mencari penghilang dahaga dengan rasa manis segar, kami merekomendasikan Ginza Galaxy (Rp. 36.000), minuman racikan yang tergolong dalam specialty drinks dengan sirup markisa, soda water, teh bunga telang dengan potongan buah stroberi dan lemon.

Setelah 2 kali kunjungan, kami menyimpulkan bahwa secara keseluruhan kualitas produk di Pan & Co memang memuaskan. Harganya memang tidak murah-murah amat, yang bisa dimaklumi karena berkonsep Jepang dan letaknya di dalam mall besar. Tapi pastinya, tak ada tempat lain yang lebih tepat untuk menikmati fluffy pancake selain di Pan & Co.

Tak cuma di Pondok Indah Mall, Pan & Co juga mempunyai cabang di Emporium Pluit Mall, Mall Kelapa Gading 2 dan Summarecon Mall Serpong.

Buruan merapat ke salah satu outlet-nya, bisa jadi kamu akan menjadi pengunjung berikutnya yang bela-belain antri demi seporsi pancake!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here