Arifianti Yanuar on Youtube
Arifianti Yanuar on Youtube

Bunda ingin tahu cara memasak ayam ungkep empuk, meresap,  yang bisa disimpan lama untuk stock dan tinggal gorengan aja kalau lagi dibutuhin? Yuk, langsung simak resep ayam ungkep enak di bawah ini, dijamin yang makan akan selalu ketagihan. 

Ayam Ungkep

Eits, tapi sebelum tahu cara memasak ayam ungkep yang endulita, ada baiknya bukan kalau kita bahas sekilas tentang ayam ungkep ? Sebenarnya apa sih ayam ungkep itu?

Ayam ungkep merupakan salah satu olahan daging ayam yang dimasaknya dengan cara direbus dan menggunakan campuran berbagai macam rempah di dalamnya. Olahan ayam yang satu ini juga merupakan salah satu olahan makanan yang populer dan menjadi menu andalan keluarga di Indonesia.

Seiring bergulirnya waktu, kini ayam ungkep tak hanya disajikan matang di warung-warung ataupun restoran, tetapi juga dijual dalam bentuk beku. Bagi bunda yang hobi memasak, bisa loh menjadikan ayam ungkep sebagai ladang bisnis. Ikuti resep ayam ungkep dari Arfiani Yanuar di bawah ini.

Bumbu Ayam Ungkep :
 1 kg ayam (boleh kampung/ potong) yang telah dicuci bersih
 Bawang merah 6 siung
 Bawang putih 5 siung
 Kemiri 3 butir
 Lengkuas 2 ruas
 Kunyit 3 ruas
 Daun salam 2 lembar
 Daun jeruk 2 lembar
 Sereh 2 batang
 Garam 1 SDT
 Kaldu bubuk 1 SDT
 Gula pasir ½ SDT
 Ketumbar bubuk 1 SDT

Cara Memasak Ayam Ungkep  :

  1. Potong kecil-kecil 6 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, kemiri 3 butir, lengkuas 2 ruas, kunyit 3 ruas, kemudian masukkan dalam satu wadah. Tambahkan  ketumbar 1 SDT dan sedikit minyak goreng, setelah itu haluskan menggunakan blender.
  2. Panaskan minyak goreng secukupnya, kemudian masukkan bumbu ayam yang tadi sudah dihaluskan, aduk sebentar, tambahkan 2 batang sereh, 2 lembar daun salam, dan 2 lembar daun jeruk. Tumis sampai bumbu berbau harum dan matang. Tanda jika bumbu yang ditumis sudah matang adalah warnanya berubah menjadi kuning keemasan.
  3. Masukkan ayam yang telah dicuci bersih, aduk sampai bumbu tercampur rata,  kemudian tambahkan air sebanyak 500 ml atau sampai semua ayamnya terendam. Manfaatkan bumbu yang masih tersisa di dalam blender dan tuangkan bersamaan dengan air, sampai tidak ada lagi sisa bumbu di dalamnya.
  4. Tambahkan garam 1 sendok teh, kaldu bubuk 1 sendok teh, dan gula ½ sendok teh. Aduk rata, koreksi rasa, dan tutup menggunakan penutup wajan. Jika terdapat bumbu yang kurang bisa ditambahkan sampai rasa yang dikehendaki tercipta. 
  5. Biarkan ayam sampai masak dalam keadaan wajan tertutup selama lebih kurang 30 menit sampai airnya menyusut.
  6. Setelah air menyusut, buka tutup wajan, aduk-aduk sebentar, kemudian matikan kompornya. 
  7. Ayam ungkep sudah siap untuk disajikan.

Nah, ayam ungkep yang sudah matang tersebut bisa langsung digoreng untuk lauk makan atau bisa juga disimpan di dalam lemari pendingin. Ayam ungkep bumbu kuning tersebut bisa tahan kira-kira sampai sekitar satu mingguan, jadi bunda bisa menggorengnya kapanpun bunda mau.  

Oh ya, agar bumbu ayam dapat meresap dengan sempurna ada cara memasak ayam ungkep yang harus Bunda ketahui loh. Kalau bunda melakukan tips-tips di bawah ini, ayam ungkep yang Bunda buat bisa lebih nikmat dari Penyetan yang ada di pinggir jalan. Ini dia tipsnya:

Patikan Ayam Sudah Dipotong-potong

Mungkin bunda ada yang lebih tertarik menggunakan potongan ayam yang besar-besar atau kalau bisa utuh biar dimakannya bisa lebih mantap. Namun, tahukah bunda bahwa ayam yang dimasak dengan cara utuhan akan membuat bumbunya sulit meresap sampai kedalam-dalam.

Bahkan tidak hanya itu, jika bunda memasak ayam dengan cara utuhan, bunda akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memasaknya. Hal itu tentu tidak efisien, bunda bisa menggunakan waktu tersebut untuk hal lain, seperti misal membereskan rumah atau quality time bersama si kecil.Bumbu Racik Ayam Ungkep  Wah, ternyata tingkat kehalusan bumbu juga berpengaruh dengan meresap atau tidaknya bumbu pada ayam ungkep loh.

Dalam cara memasak ayam ungkep, bunda memiliki 2 opsi yakni, mengulek bumbu yang akan digunakan untuk ayam ungkep atau menghaluskan menggunakan blender. For your information, bumbu yang dihaluskan menggunakan cobek/ diulek dipercaya dapat memberikan rasa dan aroma yang khas pada makanan. Namun, bunda perlu tenaga ekstra untuk melakukannya. Jika bunda ingin praktis, bisa menggunakan chopper atau blender saja.

Gunakan Teknik Slow Cooking


Bunda pasti sudah tidak asing dengan teknik memasak menggunakan api kecil bukan? ya, teknik ini dalam bahasa kerennya dikenal dengan Teknik Slow Cooking. Jad, ketika Bunda menggunakan teknik ini, bunda memerlukan waktu yang cukup lama untuk bisa menghasilkan masakan yang bumbunya benar-benar meresap.

Kenapa tidak menggunakan api besar? Jadi bun, kalau bunda masaknya pakai api besar bisa jadi ayamnya matang secara tidak sempurna. Ayam itu hanya akan matang bagian luarnya saja, sedang bagian dalamnya tidak. Hal itu juga tidak baik untuk kesehatan.

Perhatikan Volume Air


Cara memasak ayam ungkep yang selanjutnya berkaitan dengan penggunaan air. Usahakan, ketika memasak ayam ungkep perhatikan juga jenis ayam apa yang digunakan. Misal bunda menggunakan ayam kampung, air yang digunakan untuk memasak ayam kampung harus lebih banyak dari air yang digunakan untuk memasak ayam potong.

Ini karena, ayam kampung dagingnya lebih alot dari ayam potong biasa, jadi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa jadi empuk. Kendati demikian bunda tetap harus memperhatikan banyaknya air yang dituangkan, sebab kalau terlalu banyak bukannya meresap ayam malah akan jadi hambar.

Pastikan Bumbu Ayam Ungkep Benar-Benar Masak


Tadi sebelum ayam dimasukkan ke dalam bumbu, pastikan bumbu sudah masak dengan sempurna. Sebab, jika belum masak masih akan ada rasa rempah mentah yang akan berpengaruh pada saat pengungkepan ayam.

Namun, jika bunda sudah terlanjur memasukkan ayam pada saat bumbu dalam keadaan setengah matang, bunda bisa mengatasinya dengan cara mengecilkan api. Biarkan bumbu matang sempurna, bersamaan dengan matangnya ayam.Gunakan Tutup Panci/ Tutup Wajan Apa sih fungsi tutup panci atau tutup wajan ketika sedang memasak ayam ungkep? Menutup panci akan membuat uap air tidak hilang ketika dimasak. Dengan begitu, menutup panci ketika memasak akan membuat daging menjadi lebih cepat empuk karena suhu yang ada di dalam bisa stabil.

Cek Durasi

Berapa sih waktu ideal yang biasa digunakan untuk mengungkep ayam? Jawabnya adalah 30 s/d 45 menit. Bunda bisa melihat tanda-tanda kematangan ayam melalui kulit ayam yang mengerut, kuah yang mulai mengental, atau bahkan mengering.

Demikian cara memasak ayam ungkep yang enak dan meresap ala Arfiani Yanuar. Bunda juga bisa cek video tutorial Arfiani Yanuar di sini :

Selamat mencoba dan sampai jumpa di cara memasak menu yang lainnya. Jangan lupa bagikan resep ini ke
teman atau sanak keluarga anda ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here