Foto sumber: instagram @yummydoux
Foto sumber: instagram @yummydoux

Suatu hari beni menyuruh adiknya. “Ben, beliin kakak terang bulan dong”

Si adik berangkat menuju lokasi. Namun akhirnya si adik bingung. Si adik langsung menelepon kakaknya “Kak, mana ada terang bulan. Disini adanya Martabak manis”.

Beni menjawab dengan tenang “Mamat, Martabak manis itu terang bulan”

Mamat tetap bingung. Dengan menahan rasa bingungnya akhirnya ia bilang ke kakaknya, Beni “Ih, kakak ini mau bohongin mamat ya. Disini tuh cuma ada yang jual Martabak manis. Nggak ada yang jual terang bulan”.

Hehe, sobat kuliner sekalian pernah nggak sih kejebak dengan kebingungan antara terang bulan dan martabak manis?

Sebenarnya hal ini nggak ngebingungin kok. Bener tuh kata kak Beni, bahwa martabak manis itu terang bulan. Artinya, martabak manis dan terang bulan itu ya SAMA AJA!

Bicara tentang makanan, tentu tiada habisnya. Selain makanan tradisional yang dijual di warung-warung, ada juga jajanan kaki lima yang tidak kalah enak untuk disantap.
Salah satu jajanan tradisional bernama terang bulan merupakan jajanan paling laris yang sering dijual.

Seiring perkembangan zaman, Terang bulan kini tampilannya udah dimodernisasi dari segi kemasan maupun rasa. Terang bulan kini nggak cuma hadir dengan rasa yang monoton seperti coklat atau susu. Sekarang bahkan ada terang bulan rasa milo maupun durian.

Mengapa banyak yang menamakan terang bulan dengan sebutan martabak manis?

Sebenarnya, nama makanan yang benar untuk terang bulan adalah ‘terang bulan’. Martabak beda lagi. Nah, Karena perkembangan zaman, akhirnya banyak abang penjual martabak yang juga sekalian menjual terang bulan. Akhirnya lambat laun banyak orang-orang yang membeli terang bulan dengan sebutan martabak manis.

Ketika tahun 2017, Perdebatan nama martabak manis dan terang bulan muncul lagi kepermukaan. KBBI memberi nama makanan ini dengan sebutan martabak manis. Beberapa orang terima dan sebagian lagi tidak.

Menurut KBBI nih:
Terang bulan: Bulan yang bersinar terang
Martabak manis: Adonan manis dengan taburan coklat dan kacang.

Nah, karena hal ini akhirnya banyak netizen yang berdebat. Masing-masing orang membela pendapatnya sendiri-sendiri.
Banyak muncul meme berseliweran tentang terang bulan dan martabak manis.Meski begitu, tidak menurunkan kepopuleran makanan ini dikalangan netizen.

Kalau kamu mau buka puasa nanti, cobain deh bikin terang bulan bareng ibu biar ngerasain lezatnya toping coklat dan susu bercampur jadi satu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here