Home Tutorial Resep Membuat Boba dengan Resep Mudah dan Cepat

Resep Membuat Boba dengan Resep Mudah dan Cepat

0
6
Yulita Praditha on Youtube
Yulita Praditha on Youtube

Salah satu jenis minuman yang saat ini banyak digemari dan dicari serta mudah untuk ditemukan di mana saja yaitu olahan dari boba dengan berbagai rasa yang menarik dan membantu untuk menghilangkan rasa dahaga yang dimiliki. Sekarang ini, tidak perlu untuk kesulitan ke luar rumah dalam membeli boba karena bisa dengan mudah dibuat sendiri di rumah. Seperti yang disampaikan oleh channel YouTube bernama Yulita Praditha yang memberikan resep mudah untuk membuat boba dan hanya membutuhkan dua jenis bahan saja untuk membuatnya dengan lebih mudah.

Bahan untuk Membuat Boba dan Jenis Minumannya

Mungkin jika melihat cara  yang ada di internet, membuat boba menjadi sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Terutama untuk bahan yang perlu untuk disiapkan sehingga bisa membuat boba yang enak dan juga segar untuk dinikmati. Namun, sekarang ini tidak perlu lagi khawatir karena hanya perlu menggunakan dua bahan saja untuk membuat boba dengan rasa yang tidak kalah nikmatnya.

Berikut ini merupakan beberapa bahan untuk membuat boba dan olahan minumannya yang perlu untuk disiapkan diantaranya:

  1. 1 sendok makan tepung kanji
  2. 1 bungkus nutrijell rasa coklat
  3. Air panas sebanyak 120 hingga 150 ml
  4. Tepung kanji secukupnya
  5. Air dalam suhu biasa secukupnya
  6. Gula merah secukupnya
  7. Air sebanyak 50 ml
  8. Es batu secukupnya
  9. Susu segar secukupnya

Tahap Pertama Memasak Bahan Dasar Boba

Berikut ini tahapan untuk membuat boba dengan bahan dasar yang mudah diantaranya:

  1. Masukkan tepung kanji dan nutrijell rasa coklat yang sudah disiapkan ke dalam sebuah mangkuk atau tempat mencampur adonan yang sejenis. Campur kedua bahan tersebut menggunakan whisk hingga benar-benar merata menjadi satu.
  2. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit ke dalam campuran bahan tadi sambil diaduk sampai benar-benar merata dan tercampur dengan baik. Akan lebih baik jika cara mencampur menggunakan tangan dengan diuleni sampai benar-benar terbentuk adonan.
  3. Tuangkan kembali air panas tersebut dengan cara yang bertahap, lalu kemudian dicampur kembali menggunakan tangan dengan cara diuleni.
  4. Lakukan hal tersebut sampai adonan yang dibuat berbentuk kalis dan semua bahan bisa tercampur dengan baik dan secara terbentuk merata.
  5. Jika adonan tersebut dirasa lengket, maka bisa menggunakan tepung kanji agar menghilangkan lengket tersebut.
  6. Dari adonan yang sudah jadi tersebut, kemudian ambil sedikit bagiannya dan bulatkan sampai membentuk bundar seperti boba pada umumnya.
  7. Siapkan wadah yang sudah dituangkan tepung kanji terlebih dahulu. Wadah ini nantinya yang menjadi tempat untuk menyimpan boba setelah dibulatkan satu per satu dari adonan yang sudah dibuat sebelumnya.
  8. Lakukan hal ini sampai dengan adonan habis dan semua boba telah terbentuk dan siap untuk diolah dengan cara selanjutnya.
  9. Alternatif cara lain yang bisa digunakan yaitu dengan mengambil beberapa bagian dari adonan tersebut dan buat sampai memanjang. Potong adonan panjang tersebut menjadi beberapa bagian yang lebih kecil. Bulatkan bagian yang asalnya dari potongan yang sudah dibuat tadi.
  10. Taburkan kembali tepung kanji ke dalam adonan yang sudah dibulatkan tadi agar tidak dapat lengket antara satu dengan yang lainnya.
  11. Siapkan baskom atau tempat lainnya yang dapat digunakan untuk merebus air. Tunggu sampai air benar-benar sudah mendidih, lalu masukkan adonan bulat tadi ke dalamnya sampai habis.
  12. Rebus adonan dari boba tadi di dalam air mendidih yang sudah disiapkan. 
  13. Tunggu boba sampai benar-benar matang dan terbentuk seperti boba yang pada umumnya dijual pada minuman. Pastikan terlebih dahulu bahwa semua boba sudah benar-benar masak agar rasanya menjadi nikmat ketika dibuat menjadi bahan campuran minuman.
  14. Sambil direbus, boba yang ada di dalam air mendidih tadi sambil diaduk secara perlahan.
  15. Setelah boba benar-benar dalam keadaan yang sudah matang, kemudian angkat dan tiriskan boba yang sudah jadi tadi. Angkat semuanya agar boba bisa dinikmati dengan lebih nikmat.

Langkah Memasak Boba Menjadi Manis dan Semakin Nikmat

Rasa khas yang dimiliki oleh boba yaitu rasanya yang manis dan disukai oleh banyak orang. Tentunya tanpa rasa manis yang bisa didapatkan dari gula merah ini, ada yang terasa kurang dari boba.

Berikut ini langkah untuk membuat boba menjadi terasa manis dan bisa menjadi bahan untuk membuat minuman enak diantaranya:

  1. Panaskan gula merah yang menjadi bahan utama dan tunggu sampai leleh. Akan lebih baik jika hal ini dilakukan menggunakan alat teflon yang anti lengket sehingga gula tidak akan menempel pada bagian permukaannya.
  2. Tuangkan air sebanyak 50 ml ke dalam gula merah yang dilelehkan tadi agar bisa membantu mempercepat prosesnya dengan lebih mudah.
  3. Aduk dan tambahkan air tadi sampai benar-benar tercampur dengan baik sehingga bisa digunakan untuk menambah cita rasa dari boba.
  4. Tunggu sampai campuran dari air dan gula merah tadi mulai mendidih.
  5. Setelah terlihat mendidih, kemudian masukkan boba yang sudah dibuat tadi ke dalamnya agar semakin nikmat dan juga enak untuk dibuat.
  6. Aduk boba dengan dicampur bersama campuran air gula merah tadi sampai benar-benar merata.
  7. Aduk dan masak boba yang sudah dicampur dengan gula merah tadi, lalu tunggu sampai gula merah akhirnya menyusut. Setelah itu, tiriskan boba yang sudah matang tersebut.
  8. Tuang boba yang sudah matang tadi ke dalam sebuah piring atau  tempat lainnya dan sekarang semakin bisa untuk dijadikan sebagai sebuah minuman yang segar dan enak.
  9. Sekarang, boba sudah bisa untuk dijadikan sebagai bahan minuman yang enak dan lezat serta dinikmati bersama dengan orang terkasih. Jangan lupa tambahkan es batu agar semakin segar.

Tahapan Membuat Olahan Minuman Boba Dijamin Segar

Setelah membuat boba, tentunya bisa langsung dibuat menjadi sebuah minuman yang segar untuk dinikmati sendiri atau bersama keluarga.

Berikut ini cara untuk membuat minuman olahan dengan boba yang enak dan segar diantaranya:

  1. Siapkan sebuah gelas dan masukkan boba yang sudah matang tadi ke dalamnya sesuai dengan selera.
  2. Masukkan es batu ke dalam gelas tersebut sesuai dengan selera yang dimiliki untuk menambah kesegaran minuman yang dibuat.
  3. Tuangkan susu segar ke dalam gelas sampai dengan penuh.
  4. Aduk boba yang ada di dalam gelas sampai benar-benar merata.
  5. Sekarang minuman boba sudah bisa dinikmati dengan enak dan segar.

Itu dia beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat boba dengan bahan dasar yang mudah untuk ditemukan dan sederhana ala Yulita Praditha. Selain itu, ada pula cara untuk membuat olahan boba menjadi minuman yang segar dan enak, bahkan juga bisa dibuat menjadi bisnis yang menguntungkan. Bisa juga cara di atas dilakukan saat memiliki waktu luang di rumah sehingga bisa lebih menghemat waktu dan uang yang perlu dikeluarkan untuk membeli minuman boba yang ada di luar sana.

Anda juga melihat video Yulita Praditha untuk mengulangi langkah-langkah pembuatannya di sini :

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Open chat