Foto: Instagram @kwetiau78muarakarang)
Foto: Instagram @kwetiau78muarakarang)

Terkadang, banyak dari kita yang nggak bisa bedain mana mie dan mana bihun. Mana Bihun dan mana kweatiau. Mana Kweatiau dan mana mie. Sampai dunia jadi datar, gitu-gitu terus pertanyaanya jadi pusing.

Mungkin kamu perlu membaca beberapa refrensi mengenai perbedaan tentang Mie, Bihun, dan Kweatiau. Nah, disimak yuk, khususnya buat ciwik-ciwik, biar kamu nggak malu sama calon mertua kamu, kamu perlu tahu nih perbedaan antara Mie, Kweatiau dan Bihun.

Yang pertama adalah Mie. Dalam bahasa Mandarin, Mie adalah makanan yang terbuat dari tepung terigu dengan campuran telur. Bentuk Mie nggak cuman lurus, namun ada juga yang keriting. Kalau pada zaman dulu Mie di china disajikan panjang dan lebar bukan tanpa alasan lho, Mie menjadi symbol kehidupan yang panjang.

Seiring ditemukanya alat pemotong, sekarang Mie jadi lebih mudah dikonsumsi. Mie zaman sekarang dibuat dari banyak bahan seperti gandum dan kadang pula ada campuran seperti telur dan sayur-sayuran biar lebih sehat.

Nah, selanjutnya ada Bihun. Kalau Bihun sendiri berasal dari China, sama kayak mie sih. Cuman bedanya, bentuk bihun lebih tipis dan teksturnya lebih lembut aja dibanding mie. Bahan bihun yang berasal dari tepung beras katanya lebih sehari dikonsumsi dibanding mie.

Kweatiau sendiri merupakan masakan yang asalnya dari China. Jadi intinya, ketiga-tiga masakan ini asalnya dari China. Kweatiau ukuranya lebih tebal dari bihun dan mie soalnya bahannya dari beras. Biar konsumsinya lebih mudah, Kweatiau dipotong jadi pipih.

Kweatiau bisa jadi ganti nasi yang menyehatkan. Soalnya, Kweatiau bisa dibuat sebagai alat untuk menjaga kesehatan Tulang. Nggak cuma susu yang mengandung kalsium namun tepung beras juga memiliki kandungan kalsium di dalamnya. Tentu saja kalsium sangat baik digunakan untuk menjaga kesehatan tulang.

Nggak cuman itu, kweatiau bisa digunakan untuk mencegah anemia. Nggak Cuma bayam yang punya kandungan zat besi. Tepung beras juga memiliki kandungan manfaat zat besi di dalamnya.

Nah, sekarang kalian sudah tau kan apa perbadaan antara Kweatiau, Bihun, dan Mie? Kamu bisa cobain deh-satu-satu antara semuanya. Cobain dulu satu persatu dan kamu bakalan bisa nilai yang mana yang paling enak diantara kesemuanya.

Buat kamu yang pengen masak Bihun, Mie, ataupun Kweatiau, kamu pasti bakalan dimudahkan dengan banyak versi kering dari ketiga masakan ini.

Kamu bisa coba dengan memadukan bahan-bahan yang ada dan melihat resep mana yang sekiranya cocok dengan lidahmu.
Nah, buat sobat kuliner yang mau meraih hati mertua bisa dicoba juga lho latihan masak mie. Bihun, atau kweatiau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here