Salah satu menu favorit rumahan adalah olahan makanan dari bahan ayam, selain karena mendapatkan bahan-bahannya yang mudah cara mengolah ayam juga sangatlah mudah untuk kategori olahan daging unggas. Bahkan anda bisa mengolah daging ayam dengan beragam variasi.

Bahkan olahan daging ayam merupakan salah satu olahan yang simple dan bisa dijadikan bahan persediaan dalam jangka satu minggu jika diperlukan. Cara mengolah daging ayam agar bisa dijadikan persediaan selama seminggu adalah dengan mengolahnya menjadi ayam ungkep.

Ayam ungkep merupakan serangkaian proses memasak ayam dengan menggunakan rangkaian campuran bumbu khas nusantara dengan cara ditumis dan direbus. Ayam ungkep menjadi salah satu solusi simple dan praktis dikala lapar menghampiri karena dengan menyediakan ayam ungkep anda bisa menggoreng ayam kapanpun anda mau jika ada persediaan.

Oleh karena itu tidak heran jika ayam goreng menjadi menu favorit untuk menu home made keluarga. Selain bisa mengolahnya dengan digoreng mungkin anda juga bisa memvariasikan ayam goreng yang anda buat setelah melakukan proses memasak ayam ungkep agar bisa disimpan dan tahan lama.

Untuk mengetahui secara lebih detail anda berada pada artikel yang tepat untuk mengetahui ayam ungkep. Beberapa bahan-bahan olahan ayam ungkep yang anda butuhkan adalah sebagai berikut :

–          2 Kg Ayam yang sudah dipotong

–          Air secukupnya

–          Minyak goreng secukupnya

–          Lengkuas

–          2 Batang serai

–          4 lembar daun salam

–          4 lembar daun jeruk

–          Sachet santan instan

–          Garam

–          Kaldu bubuk dua sendok makan

–          1 sendok gula pasir

Bumbu halus

–          Bawang putih 7 siung

–          Bawang putih 10 siung

–          3 ruas kunyit

–          2 ruas jahe

–          10 butir kemiri

–          2 Sendok makan ketumbar bubuk

Sedangkan Cara memasak Ayam ungkep adalah sebagai berikut

Haluskan bumbu dapur dengan menggunakan blender. Bumbu yang dihaluskan seperti bawang putih, bawang merah, jahe, ketumbar, kunyit, Kemiri, dan ketumbar bubuk. Haluskan bumbu hingga benar-benar halus

  • Jangan lupa geprek daun salam dan lengkuas untuk ditumis Bersama dengan bumbu halus
  • Gunakan API Sedang untuk menumis bumbu dan mengungkep daging ayam
  • Tumis bumbu yang sudah di haluskan, dan campurkan dengan daun salam, lengkuas dan batang serai  sampai matang dan harum
  • Setelah cukup matang maka anda dapat memasukan daging ayam yang sudah dipotong kecil-kecil dan menambahkan air secukupnya
  • Setelah masukan kedalam campuran bumbu yang ditumis anda bisa mengaduk campuran bumbu dengan daging ayam dibarengi dengan masukan 1 sachet santan instan dan kaldu jamur serta garam, dan gula. Aduk hingga merata
  • anda bisa mengungkep ayam dalam adonan hingga air menyusut kurang lebih hingga tersisa seperempat dari air yang tadi dicampurkan.
  • Selama proses ungkep ayam anda bisa menggunakan alat penutup agar daging meresap bumbu dan matang merata dan jangan lupa sesekali membolak-balikan ayam agar tidak gosong ketika di ungkep.
  • Jika air dalam wadah ungkep sudah menyusut dan tersisa seperempat maka anda dapat mematikan kompor untuk mengakhiri proses ungkep
  • Setelah daging ayam diangkat dari kompor maka diamkan dan tunggulah beberapa saat hingga daging ayam dingin
  • Sambil menunggu daging ayam dingin anda bisa menyiapkan wadah untuk menyimpan daging ayam di freezer
  • Anda bisa menambahkan bumbu ungkep yang tersisa tadi dalam wadah agar daging ayam lebih enak.
  • Jika sudah maka ayam yang sudah di ungkep tadi siap dimasukan ke dalam freezer dan dikeluarkan saat anda akan menggoreng daging ayam yang telah diungkep
  • Apabila ayam yang sudah disiapkan di wadah sudah benar-benar dingin maka anda bisa menutup wadah ayam agar kedap udara dan tahan lama kemudian bisa di simpan di freezer sebagai persediaan ketika anda lapar.
  • Untuk proses menggoreng anda bisa menggoreng daging ayam secara langsung yang telah di ungkep.
  • Goreng daging ayam hingga berwarna kecoklatan atau sesuai selera anda
  • Hingga selesai setelah selesai makan ayam goreng siap disajikan

Begitulah beberapa cara mengungkep ayam untuk persediaan di rumah anda saat lapar sehingga anda bisa langsung menggorengnya kapan saja. Olahan ayam ungkep dapat anda variasikan dengan berbagai cara penyajian diantaranya seperti ayam goreng kecap, ayam goreng saus tiram atau ayam balado dengan menggoreng ayam terlebih dahulu.

Tujuan melakukan proses memasak ayam ungkep adalah untuk mendapatkan ayam goreng yang gurih dan juicy. Namun apakah anda sudah benar melakukan proses tersebut?

Meskipun terlihat simple dan praktis untuk mendapatkan ayam ungkep yang juicy dan tahan lama anda perlu beberapa hal yang harus diperhatikan pada proses memasak ayam ungkep diantaranya yaitu sebagai berikut.

1. Membuat potongan ayam yang lebih kecil

Memotong bagian ayam menjadi lebih kecil bertujuan agar bumbu yang dicampurkan dengan daging ayam meresap sempurna dan ayam juga matang secara merata. Sehingga ketika proses goreng bumbu hasil ungkapan yang telah dilakukan dapat anda rasakan.

2. Gunakan bumbu halus sesuai dengan kebutuhan

Dalam memasak memang tidak dianjurkan untuk menggunakan bahan secara berlebihan hal ini bertujuan agar lebih hemat dan tidak membuang tenaga lebih besar. Namun bukan berarti anda menggunakan bumbu dengan sangat hebat, sebaiknya anda menggunakan bumbu sesuai kebutuhan dan bahan makanan yang tersedia.

3. Masukan ayam dalam kulkas selama semalam

Untuk mendapatkan ayam goreng yang gurih maka anda bisa melakukan proses ungkep yang maksimal. Setelah anda selesai melakukan proses ungkep maka Langkah selanjutnya anda bisa memasukan daging yang sudah diungkep ke wadah untuk dimasukan ke kulkas di bagian bawah selama semalam bukan dimasukan pada freezer yaa.

4. Gunakan api kecil saat melakukan proses ungkep

Karen tujuan ungkep untuk memberikan juicy pada daging ayam jadi sebaiknya anda menggunakan api kecil selama proses ungkep agar tidak menghasilkan daging yang keras nantinya. Saat proses ungkep sebaiknya anda rajin-rajin membolak-balikan daging agar tidak gosong. Rebuslah hingga air mendidih bukan hingga ayam terlalu matang.

5. Gunakan air secukupnya saat proses ungkep

Alangkah lebih baiknya ketika anda sedang menjalankan proses ungkep gunakan air secukupnya jangan terlalu banyak bahkan jangan sampai kurang. Hal ini untuk memaksimalkan kualitas ungkepan ayam yang anda lakukan.

Apabila anda menggunakan daging ayam kampung untuk diungkep sebaiknya anda menggunakan air yang lebih sedikit banyak daripada melakukan proses ungkep pada daging ayam biasa. Hal ini karena tekstur daging ayam kampung cenderung lebih alot daripada daging ayam negeri.

Demikianlah beberapa tips agar bisa menghasilkan ayam goreng ungkep yang enak dan gurih dan tidak mengecewakan. Agar bisa menghasilkan ayam goreng yan enak dan juicy sebaiknya anda pahami terlebih dahulu buku panduan yang berada di internet maupun katalog atau buku majalah memasak.

Anda juga bisa melihat tutorial di atas melalui video di bawah ini :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here