Bagi masyarakat Indonesia ayam goreng Nusantara merupakan salah satu hidangan Asia Tenggara yang sudah sangat familiar dan tidak asing lagi. Umumnya, ayam ini akan digoreng ke dalam minyak goreng yang panas. Selain itu, ayam goreng ini akan merujuk kepada ayam goreng Nusantara yang meliputi (Indonesia, Malaysia, Brunei dan singapura). Sedangkan di Indonesia sendiri, istilah Fried Chicken ini akan merujuk terhadap ayam goreng internasional yang bergaya Amerika Serikat bagian Selatan dengan ciri khas lain  menggunakan adonan tepung. Seperti yang sudah sering kita lihat, bahwa ayam goreng jenis tersebut sangat mudah ditemui pada restoran cepat saji.

Bumbu serta proses perendaman

Biasanya ayam ungkep khas Indonesia ini akan menghasilkan cita rasa yang sangat kaya akan rempah-rempahnya. Resep ayam ungkep ini umumnya akan terdiri dari beberapa kombinasi bumbu berupa bawang merah, daun salam, bawang putih, kunyit, serai dan kemiri yang sudah dihaluskan. Tetapi, tetap saja cita rasa resep ayam ungkep ini akan memiliki perbedaan di setiap daerahnya. Jika potongan ayam yang sudah dicuci bersih tersebut sudah siap, anda hanya perlu memasukkan potongan ayam tersebut ke dalam bumbu yang sudah dihaluskan dan direndam selama beberapa saat sebelum digoreng. Namun, ada beberapa tips atau rahasia memasak ayam goreng yang belum banyak orang ketahui. Anda bisa menirukan resep dibawah ini untuk menghasilkan ayam goreng yang lembut di dalam. Dalam channel youtube Indoculinaire hunter, menjelaskan beberapa tipsnya, berikut ulasannya.

Resep Ayam Ungkep Dengan Bumbu Meresap Hingga Ke Dalam Dan Ayam Yang Lembut

Agar ayam ungkep yang anda konsumsi memiliki cita rasa yang kaya dengan rempah-rempah, tentunya anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana mengolah ayam ungkep dengan benar hingga bumbu ayam ungkep tersebut meresap dan membuat kesan daging yang lembut. Berikut resep ayam ungkep dan cara yang perlu anda praktekkan untuk lauk keluarga agar dapat menambah selera makan.

Bahan dan bumbu:

  1. Ayam 1 ½ kilogram (paha bawah dan paha atas)
  2.  6 siung bawang merah yang besar
  3. 4  siung bawang putih
  4. 5 butir kemiri
  5. 1 batang serai
  6. 3 lembar daun salam
  7. 4 lembar daun jeruk
  8. 2 cm lengkuas
  9. 1 buah jeruk lemon atau jeruk nipis
  10. 2 cm kunyit
  11. ½ sdm ketumbar bubuk
  12. 1 sdm gula putih
  13. Minyak secukupnya untuk menumis
  14. Garam secukupnya
  15. Air secukupnya
  16. Beberapa lembar plastik, boleh plastik biasa atau plastik dengan klip

Cara memasak

  1. Haluskan bumbu-bumbunya, berupa bawang merah, kemiri (yang sudah di potong-potong), bawang putih yang sudah di potong, lengkuas yang sudah dipotong dan kunyit. Masukkan ke dalam blender dan ditambah sedikit air.
  2. Jika bumbu tersebut sudah halus, maka tumis bumbu halus tersebut ke dalam panci atau wajan yang sudah ditambah sedikit dengan minyak. 
  3. Saat menumis bumbu, anda perlu menambahkan daun serai, daun salam dan daun jeruk. Tumis hingga bumbu mengeluarkan aroma harum.
  4. Jika bumbu yang sudah ditumis sudah mengeluarkan aroma harum, maka anda dapat memasukkan potongan ayam ke dalam panci yang ada di berisi bumbu tersebut.
  5. Aduk-aduk sebentar ayam dan bumbu di dalam panci tersebut, lalu tambahkan air sampai ayamnya terendam. 
  6. Masukkan gula putih, ketumbar bubuk dan garam secukupnya. Lalu, jangan lupa untuk memasukkan perasan jeruk nipis ke dalam bumbu dan ayam tersebut. Anda juga dapat merasakan masakan yang sedang anda masak untuk mengetes rasa kaldu ayam tersebut. Dan biarkan ayam dimasak hingga air sedikit mendidih.
  7. Jika ayam tersebut sudah direbus hingga air sedikit mendidih, anda dapat mematikan kompor tersebut. Ayam tidak dimasak hingga matang, karena hal ini bertujuan agar ayam tersebut tidak mengeluarkan gelatin ayam yang dapat menghambat proses bumbu meresap ke dalam dagingnya.
  8. Api kompor tersebut dimatikan, di dinginkan, kemudian ditutup hingga ayam dingin. Jika ayam ungkep yang sudah dimasak tersebut dingin, anda perlu memasukkan ayam ungkep tersebut ke dalam plastik yang sudah disiapkan.
  9. Jika ayam tersebut sudah dimasukkan ke dalam plastik, tutup plastik tersebut hingga tanpa udara yang dapat masuk ke dalam plastik tersebut. Dan simpan di dalam kulkas selama semalaman agar bumbu lebih meresap ke dalam ayam.
  10. Jika ayam sudah dikeluarkan dari kulkas, maka ayam tersebut masih perlu diungkep lagi hingga airnya asat. Dan sudah dapat dipastikan jika ayam tersebut meresap dan dagingnya lembut.
  11. Matikan lagi kompor saat ayam ungkep yang kedua. Lalu angkat ayam tersebut dan simpan ke dalam wadah. Anda juga dapat memasukkan ayam tersebut ke dalam kulkas. Dan hanya perlu menggorengnya jika ingin disajikan.

Nah, tips tersebut dapat anda praktekkan untuk masakan ayam goreng bersama dengan keluarga. Bumbu yang meresap dan daging yang lembut tersebut, pasti akan sangat lezat  jika disajikan dengan sambal dan nasi putih hangat akan menambah nafsu makan anda. Selain itu ada beberapa jenis ayam goreng di seluruh Indonesia. 

Jenis-Jenis Ayam Goreng Di Nusantara Indonesia

  1. Ayam pop, merupakan salah satu masakan daging ayam yang berasal dari sumatera barat. Masakan ini termasuk salah satu menu ayam goreng. Ada hal yang membedakan ayam pop ini dengan ayam goreng biasa yaitu, ayam ini masih memiliki warna yang putih pucat saat selesai dimasak. Cara memasak ayam pop sendiri cukup unik, karena sebelum digoreng ayam ini perlu direbus terlebih dahulu ke dalam air rebusan kelapa dan bawang putih yang sudah dicincang. jika sudah direbus, ayam tersebut dapat digoreng di dalam minyak panas, agar mendapatkan tekstur ayam yang sedikit renyah. Ayam pop ini biasanya juga disajikan dengan samba lado tomat, berupa sambal tomat dan cabai giling yang dicampur dengan tomat cincang.
  2. Ayam goreng kalasan, merupakan salah satu hidangan ayam goreng yang dimasak dengan bumbu khas Kalasan daerah sleman, Yogyakarta.
  3. Ayam kremes, bagi anda yang sangat suka mencicipi berbagai makanan berupa ayam goreng. Saat ini ayam kremes juga merupakan salah satu masakan yang memiliki bahan dasar ayam. Yang membedakan antara ayam ini dengan lainnya yaitu, ayam kremes ini biasanya digoreng seperti biasa. Dan diatasnya akan ada kremesan berupa tepung yang sudah dicampurkan dengan bumbu lalu disajikan bersama ayam tersebut. Biasanya ayam ini akan menimbulkan sensasi kriuk saat di makan.
  4. Ayam goreng penyet, untuk anda yang suka sensasi pedas saat memakan ayam. Salah satu menu ini merupakan menu wajib yang harus dicoba. Pasalnya, ayam ini biasanya akan ditumbuk dengan ulekan dan disertai dengan sambal yang sudah disiapkan akan menambah sensasi pedas dan nikmat dalam waktu yang bersamaan.

Demikian ulasannya. Anda juga dapat melihat step by step tutorial ini melalui channel indoculinaire hunter di bawah ini:

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here