Home Menu Mie & Pasta Mengapa Mie Setan dinamakan dengan Setan, Kok Nggak Mie Malaikat Aja?

Mengapa Mie Setan dinamakan dengan Setan, Kok Nggak Mie Malaikat Aja?

0
2679
Foto: instagram @potretkuliner.id
Foto: instagram @potretkuliner.id

Sobat kuliner sekalian pernah dengar kan yang namanya mie setan? Minimal kalau sobat pernah berkunjung atau menjadi mahasiswa di Malang, sobat bakal tahu atau dengar dengan rumah makan yang memiliki lambang setan di depan.

Eits, jangan berfikir aneh-aneh dulu. Mie Setan bukanlah sebuah Mie yang dimakan oleh setan atau Mie yang digunakan untuk memuja setan. Tidak sama sekali!
Rumah makan tersebut adalah restoran mie yang sangat legendaris di kota malang dengan sebutan Mie Setan.

Mie Setan di Malang merupkan salah satu pelopor makanan mie yang sangat terkenal di kota Malang. Sebelum Mie Setan terkenal seperti sekarang, restoran Mie masih sering diidentikkan dengan restoran Jepang dan Korea yang menjual Mie Ramen.

Semenjak Mie Setan Kober yang ada di Malang menjadi terkenal, kemudian muncul nama-nama restoran dan rumah makan lain yang ikut menggunakan nama Mie Setan. Namun, tetap saja kepopuleran Mie Setan Kober yang asli tidak ada yang menandingi.

Mie Setan sekarang memiliki banyak cabang baik di Kediri, Surabaya, Blitar, Tulungagung, hingga banyak tempat. Mie Setan nggak cuma jualan Mie aja lho. Disini juga ada minuman hingga appetizer kayak bakwan.

Pertanyaanya, mengapa nama mie ini dinamakan Mie Setan?

Usut punya usut, ternyata kata setan dalam ‘Mie Setan’ merupakan kata yang diambil dari bentuk ekpresi seseorang ketika menyantap mie setan. Saking pedasnya, orang-orang jadi lebih sering bersumpah serapah dengan kata ‘setan’. Itulah secuil alasan yang mendasari mengapa mie ini dinamakan Mie Setan.

Tapi emang bener sih, kalau sobat kuliner mau nyoba langsung, Mie Setan ini rasanya pedes banget. Lebih pedes dari omongan tetangga lho. Mie Setan bisa kamu beli dengan harga terjangku. Nggak sampai 10.000 rupiah kok.

Ciri khas Mie Setan yang sangat pedes bikin banyak orang geleng-geleng kepala. Sobat Kuliner juga bisa request jumlah cabe dalam Mie Setan biar bisa menyesuaikan dengan kondisi selera lidah.

Tentu saja, semakin tinggi level cabenya maka semakin pedas pula rasanya. Bila cabe yang digunakan semakin turun levelnya maka rasanya semakin nggak pedes-pedes amat. Kalau kamu pemula dalam hal percabaian, lebih baik sih kamu nyoba Mie Setan Level 1 aja.

Namun di balik rasa pedasnya, Mie Setan Ini emang benar-benar enak. Tekstur Mie yang lembut dan lumayan tebal disertai toping ceker dan sosis serta sayur bisa menjadi salah satu makanan pilihan kamu buat disantap di bulan Ramadhan.

Cuma Mie Setan aja satu-satunya setan yang nggak dikurung di bulan Ramadhan ini gaes. Cobain yuk ah!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Open chat