Foto: Instagram Kedai kopi @kopi_uncleaje
Foto: Instagram Kedai kopi @kopi_uncleaje

Apa yang ada difikiran sobat kuliner ketika mendengar istilah tentang mie lendir?

Jangan keburu jijik dulu, Soalnya Mie Lendir ini bukanlah Mie dengan kuah lendir beneran. 

Nah, daripada kamu bingung, kami sajikan dulu beberapa fakta seputar Mie Lendir:

1. Asal usul nama Mie Lendir
Dinamakan Mie Lendir karena Mie ini disiram dengan kuah kacang yang kental ibarat lendir.

Didalam Mie Lendir ini terdapat mie kuning yang direbus bersama dengan taoge. Toping Mie ini menggunakan telur rebus yang dibelah dua. Kemudian, kuah kacang disiramkan.

Kunci enak tidaknya suatu mie lendir terdapat pada rasa kuah kacang yang aduhai. Rasa kuah kacang Mie Lendir ini biasanya agak manis dan nggak terlalu pedas. Namun bila sobat kuliner ingin rasa yang pedas, bisa juga menambahkan cabe rawit di dalamnya.

2. Harga Mie Lendir bersahabat
Seporsi Mie Lendir hanya dipatok seharga 8.000 sampai 10.000. Murah kan? Selain harganya yang bersahabat kamu juga bisa membeli Mie Lendir di sebagian besar kedai kopi di Batam.

3. Biasanya dijumpai pagi hari
Mie Lendir ini menjadi suatu makanan untuk sarapan pagi orang-orang riau. Makannya tak heran bila Mie Lendir dapat dijumpai pada waktu pagi hari. Nggak heran juga bila banyak orang suka dengan Mie Lendir karena Mie ini dapat dimakan saat cuaca panas ataupun dingin.

4. Kebanyakan dijual di kedai-kedai kopi di Batam
Bila umumnya warung kopi di daerah lain hanya menjual mie instan bungkusan seperti Indomie ataupun Mie Sedap, maka di Batam agak sedikit berbeda. Kedai kopi di Batam berani menjual Mie khas mereka berupa Mie Lendir. Namun meski begitu juga ada yang menjual Mie Lendir memakai gerobak keliling.

5. Bahan dan cara membuat Mie Lendir
Bahan: Mie Kuning, tauge, daun bawang diiris tipis, daun seledre diiris halus, telur rebus. cabe rawit sebanyak 12 biji dipotong kecil-kecil.

Jangan lupa haluskan: Cabe merah, cabe rawit, bawang putih 2, kencur, ubi jalar, kacang tanah goreng.

Cara membuat: Semua bumbu yang dihaluskan dimasak dan diberi air sekitar 3 sampai 4 gelas. Jangan lupa tambah serai yang digeprek dan daun salam. Kemudian, masak hingga mendidih. Jangan lupa kasih garam dan penyedap rasa. Lalu masukkan mie kuning dan tauge kedalam rebusan air sebentar kemudian angkat. Terakhir, letakkan mie di piring dan siram dengan kuah kacang. Jangan lupa beri toping berupa telur dan bawang goreng sesuai selera.

Gimana mudah kan cara buatnya? Jangan lupa untuk mencoba untuk menu buka puasa nanti. Hehe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here