diana rahma on youtube
diana rahma on youtube

Cara memasak ayam ungkep bisa menjadi salah satu pilihan terbaik bagi anda yang ingin mengolah ayam. Tentu bahan utama yang harus anda persiapkan adalah ayam mentah dan belum dipotong – potong. 

Untuk memasak ayam mentah agar bisa menjadi makanan yang lezat sebenarnya mudah. Dalam hal ini, anda bisa langsung mematuhi setiap langkah – langkah yang dibagikan oleh Diana Rahma. Berikut ini adalah beberapa tahapan memasak yang perlu anda ketahui:

Tahapan Bumbu

Untuk membuat ayam ungkap, ada beberapa langkah yang bisa anda coba. Langkah pertama bisa dimulai dengan memanggang ketumbar terlebih dahulu. Cara memasak ayam dilanjutkan dengan memanaskannya dengan menggunakan api kecil. 

Kemudian anda harus mengaduknya sampai suhunya mulai menghangat. Lalu usahakan sampai wangi ketumbar tercium ke luar. Tetapi usahakan api yang ada di dalam jangan terlalu besar, cukup seperti ini saja agar wanginya cepat tercium. 

Langkah selanjutnya bisa dimulai dengan mempersiapkan kemiri yang sudah dicuci lalu tiriskan saja. Kalau sudah bisa langsung menggorengnya sampai warna kemiri mulai berubah seperti kecoklatan. Untuk cara menggorengnya sama saja seperti menggoreng rempah – rempah biasanya. 

Jika kemiri dan ketumbar sudah mulai harum, lalu bisa langsung mencampurkan bahan – bahan itu ke bumbu yang sudah dicuci bersih. Ada bumbu yang sudah dicuci bersih sebut saja seperti bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe sampai dengan kunyit. 

Kemudian anda bisa langsung menghaluskan bawang putih, bawang merah, lengkuas, jahe dan kunyit dengan menggunakan blender. Tetapi ini bisa disesuaikan dengan bahan – bahan yang anda miliki nanti. Jika memiliki bahan yang kecil, anda bisa langsung menggunakan blender saja. 

Tetapi jika anda ingin menggunakan blender tentu harus sabar dalam menghaluskannya. Karena biasanya bahan yang dibutuhkan memang tidak sedikit. Sehingga anda harus beberapa kali melakukan penghalusan di dalam blender tersebut. 

Tahapan Bahan Utama

Jika sudah selesai mengurus semua bumbunya, barulah anda membersihkan ayam mentah. Kali ini resep memasak ayam ungkap akan menggunakan 60 ekor. Jadi, pertama – tama bisa membersihkan bulu yang ada di dalam cara memasak ayam dengan bumbu seadanya. 

Mulai dari membersihkan bulu halus hitam di bagian wajah, saluran pernafasan dan saluran lainnya. Jadi, sebelum melakukan pemotongan tentu semua bulu itu harus sudah tercabut semuanya. Hal ini akan memudahkan anda memisahkan ayam dari bagian satu ke yang lainnya. 

Daripada anda harus mencabutnya satu per satu, lebih baik bisa menggunakan cat. Cat sudah dipercaya menjadi salah satu hal yang bisa digunakan untuk mencabut bulu dengan mudah dan sederhana. Untuk itu, anda juga harus membersihkan cakarnya terlebih dahulu. 

Selain menggunakan cat, anda juga bisa membersihkan bulu – bulu ayam itu dengan menggunakan air mendidih. Anda cukup memasukkan ayamnya saja, dan tunggu beberapa saat sampai anda bisa mencabut semua bulunya. 

Tahapan Bahan Pendukung

Kemudian kalau sudah membersihkan ayamnya, anda bisa langsung mempersiapkan saja ampela. Jika anda ingin membeli ampela juga harus diperhatikan dengan baik. Sebab ampela ada dua jenis yaitu ampela muda dan tua. 

Tetapi jika anda mendapatkan ampela tua, bagian atinya bisa langsung dibuang saja. Kalau anda melihat terdapat bagian putih di ampela maka bisa langsung dibersihkan saja. Kemudian bisa langsung membersihkan bagian – bagian itu dari rambut halus yang sudah berserakan. 

Jika masih menempel dengan bagian itu, anda tidak perlu khawatir untuk bulunya. Bulu ampela ini cenderung mudah dibersihkan jika dibandingkan dengan bulu ayam yang sulit dicabut. Tetapi jika ingin lebih cepat membersihkannya bisa menggunakan mesin broiler. 

Hal ini akan lebih menghemat waktu yang sudah anda terbuang sia – sia. Jika bulu – bulunya sudah dicabut maka bisa langsung dibersihkan saja. Karena dengan membersihkan semua kotoran bulu itu akan terbuang dengan sempurna. 

Tahap Pengungkapan

Kemudian untuk tahap pengungkapan ini bisa dimulai dengan menyimpan ayam tersebut ke dalam freezer. Hal ini bertujuan agar ayam yang akan digunakan tidak memiliki bau amis pada saat melakukannya di tahap pengungkapannya. 

Pastikan juga ayam yang akan digunakan tetap dalam keadaan yang baik sehingga tidak akan bermasalah pada saat mengungkap ayamnya. Jika anda memiliki ayam sekitar 13 ekor maka akan mendapatkan bobot sekitar 500 gram. 

Jika menanyakan tentang 13 ekor, hal itu bisa disesuaikan dengan alat yang sudah tersedia di sana. Disarankan untuk melakukan pengungkapan dimulai dengan air panas. Sebab kalau dengan air dingin, maka bahan akan sulit untuk terlarut. 

Dengan menggunakan air panas, anda bisa langsung dalam melakukan pencampuran garam dan kaldu jamur. Pastikan anda mengaduk – aduk terus sampai semua bahan yang dicampurkan tersebut sudah terlarut dengan sempurna. 

Jika sudah bisa langsung mempersiapkan panci, kemudian masukkan potongan ayam menjadi satu per satu. Pastikan setiap lapisan ayam diberikan bumbu siraman agar bumbu itu bisa melekat dan masuk ke dalam ayam tersebut. 

Jangan lupa untuk menghiasi ayam dengan menggunakan daun jeruk serta serai yang sudah dihaluskan. Jika sudah selesai dipanaskan dalam beberapa menit, Anda bisa langsung mengganti posisinya yang sebelumnya di atas menjadi di bawah. ‘

Anda bisa melakukan hal ini secara berulang – ulang antara satu sama lain. Kalau sudah matang, anda bisa langsung memindahkan ayam ke wadah lain. Kemudian bisa dinginkan saja lalu tuangkan kaldu ke dalam wadah tersebut secara perlahan – lahan. 

Tahap Perebusan

Untuk air yang sudah digunakan untuk mengungkap ayam lebih baik tidak perlu dibuang, melainkan bisa digunakan untuk merebus hati, ampela, dan kepala cakar. Kemudian anda bisa menyaring, dan bisa tunggu saja sampai dingin. 

Anda juga bisa mendinginkannya menggunakan kipas angin. Sebelum itu, anda bisa langsung merebus ati dan ampela yang sudah diberikan kaldu selama 15 menit. Sedangkan untuk kepala cakarnya bisa direbus selama 30 menit. 

Barulah setelah itu, anda bisa langsung melakukan pengungkapan. Dalam hal ini, anda bisa mempersiapkan beberapa bumbu tersebut. Lalu anda bisa langsung mempersiapkan plastik vakum dan usahakan sesuai dengan kualitas masing – masing. 

Sebelum dipakai, usahakan membersihkan terlebih dahulu untuk bagian atas. Kemudian bisa dilanjutkan untuk membersihkan di bagian bawahnya. Setelah itu bisa langsung memasukkan saja ke dalam wadah dan pastikan disesuaikan dengan kebutuhan yang anda miliki. 

Jika sudah, anda bisa menutupnya dengan rapat hingga tidak ada celah yang bisa keluar. Pastikan untuk mengungkapnya sampai matang. Karena dengan mengungkapnya sampai matang, alhasil wanginya akan keluar dengan sempurna. 

Itulah beberapa tahapan yang perlu anda lakukan jika anda ingin mengungkap ayam mentah. Sekarang tidak sulit bukan dalam membuat ayam ungkap. Jadi, anda bisa langsung memanfaatkannya saja langkah ini untuk membuat ayam ungkap yang lezat. Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah pembuatannya dari video Diana Rahma di bawah ini :

Semoga artikel yang sudah dijelaskan di atas bisa membantu anda dalam membuat ayamnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here