Ingin Memasak Ayam Ungkep Praktis? Ini Dia Cara Mudahnya!

Ayam memang menjadi makanan favorit banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tak hanya itu saja, ayam juga bisa diolah ke berbagai menu makanan sesuai dengan keinginan Anda. Namun, jika Anda ingin menggorengnya, tentu saja bisa. Akan tetapi, sebelum Anda menggorengnya alangkah baiknya jika Anda membuat ayam tersebut diungkep terlebih dahulu.

Hal ini dilakukan yaitu agar ayam tersebut dapat disimpan beberapa didalam freezer dan membuat ayam pun akan terasa lebih gurih serta lembut saat digoreng dan disantap. Selain itu, resep ayam ungkep ini juga dapat menjadi salah satu menu pilihan keluarga, karena bahan-bahan atau bumbu dari ayam ungkep ini sangat mudah didapatkan. Untuk proses pembuatannya juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Pada biasanya bahan-bahan rempah yang harus Anda persiapkan yaitu seperti bawang merah, ketumbar, bawang putih dan lainnya. Untuk lebih jelasnya lagi tentang bahan-bahan rempah yang digunakan hingga cara masak ayam ungkep maka Anda bisa melihat informasinya seperti yang diulas oleh CR Cook di bawah ini.

Cara Ungkep Ayam Dengan Benar Agar Bumbunya Meresap Sempurna

Nah, sebelum membahas tentang bahan dan cara memasaknya maka ada hal yang harus Anda ketahui terlebih dahulu yaitu mengenai cara ungkep ayam dengan benar agar bumbunya bisa meresap dengan sempurna. 

  1. Potong-potong Ayam Agar Bumbu Bisa Cepat Meresap

Cara tepat dalam mengungkep ayam yaitu Anda harus bisa memotong ayam tersebut terlebih dahulu. Sebab jika Anda mengungkep ayam yang masih dalam keadaan utuh tentu bumbu rempah-rempahnya akan sulit meresap sampai ke bagian dalamnya. Tidak hanya itu saja, proses memasak ayam utuh pun membutuhkan waktu masak yang jauh lebih lama dibandingkan dengan ayam yang telah dipotong-potong.

  • Gunakanlah Teknik Masak Slow Cooking

Berikutnya Anda bisa menggunakan teknik masak slow cooking. Meskipun ini akan membutuhkan waktu yang lama, akan tetapi bumbu ayam ungkep bisa meresap secara merata dan matang sempurna. Namun, jika Anda menggunakan api besar, bisa-bisa untuk bagian dalamnya masih ada yang belum matang.

  • Harap Perhatikan Jumlah Air Sebelum Melakukan Ungkep

Untuk cara masak ayam ungkep enak berikutnya maka Anda harus bisa memperhatikan dengan baik jumlah air yang dimasukkan sebelum Anda melakukan ungkep. Sebab jika air yang Anda masukan terlalu banyak maka bumbu ayam ungkep bisa menjadi hambar. Untuk lebih jelasnya nantinya Anda bisa melihatnya melalui resep dibawah ini.

  • Menggunakan Penutup Panci Saat di Ungkep

Agar prosesnya bisa matang sempurna dan empuk maka sangat disarankan buat Anda pada saat melakukan proses ungkep maka Anda harus menutupnya. Jadi, dengan menutup panci tentu akan membuat uap air hilang saat dimasak. Selain itu, dengan melakukan hal tersebut tentu akan membuat daging pun akan lebih cepat empuk, dikarenakan suhu yang ada di dalam panci bisa stabil dan akan lebih cepat panas.

Ada satu hal yang harus Anda perhatikan dengan baik yaitu penggunaan panci untuk mengungkep ayam. Di mana Anda bisa memilih panci, teflon ataupun wajan yang berukuran pas dengan jumlah isi ayam yang akan diungkep. Jadi, pastikan tidak memilih panci yang tidak terlalu besar ataupun kecil, harus sesuai dengan isi ayam tersebut. Sebab, tujuannya yaitu agar ayam bisa matang dengan sempurna.

  • Cek Proses Pengungkepan agar Daging Ayam Bisa Matang Sempurna

Yang terakhir, untuk proses atau cara masak ayam ungkep dengan benar tentu akan membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 45 menit. Jika ayam ungkep sudah matang maka Anda dapat melihatnya dari kulit ayam yang telah mengerut ataupun Anda juga bisa melihatnya dari kuah ungkep yang sudah mulai mengental dan bahkan mengering.

Resep dan Cara Memasak Ayam Ungkep

Nah, bagi Anda yang ingin masak ayam ungkep dan digunakan sebagai stok sehari-hari ataupun bisa pula untuk dijadikan sebagai stok sahur dan berbuka puasa maka berikut ini ada beberapa cara masak ayam ungkep praktis yang bisa Anda coba sendiri dirumah.

Bahan-Bahan Ayam Ungkep

Berikut ini ada beberapa bahan-bahan atau bumbu rempah yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu, diantaranya :

  • 2 Kg Ayam yang sudah dicuci bersih
  • 10 Siung Bawang Merah
  • 8 Siung Bawang Putih
  • 8 Butir Kemiri (jangan lupa disangrai terlebih dahulu)
  • 10 gr Jahe
  • 20 Gr Kunyit
  • 2 Batang Sereh
  • 3 Lembar Daun Salam
  • 40 Gr Lengkuas
  • 4 sdt Ketumbar
  • 2 sdt Merica
  • 4 sdt Garam
  • 4 sdt Kaldu Ayam Bubuk
  • Air ± 700 ml

Cara dan Proses Pembuatannya

Setelah Anda menyiapkan berbagai bahan-bahan seperti diatas untuk proses pembuatan bumbu ayam ungkep maka untuk tahap berikutnya yaitu proses pembuatannya. Untuk cara atau langkahnya bisa Anda ikuti dengan mudah seperti dibawah ini.

  1. Untuk proses pertama Anda bisa menghaluskan terlebih dahulu bahan-bahan atau bumbu yang sudah terlist seperti diatas. Jadi, siapkan blender dan masukan bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, merica, ketumbar dan tambahkan pula sedikit air, lalu blender hingga halus.
  2. Jika sudah, kemudian Anda bisa memasukkan ayam yang telah dipotong-potong dan dicuci bersih ke dalam teflon besar atau wajan. 
  3. Lalu masukkan pula bumbu yang telah dihaluskan tadi ke dalam ayam tersebut dan jangan lupa masukkan air sekitar 700 ml. 
  4. Kemudian masukkan pula garam, kaldu ayam bubuk, sereh dan daun salam.
  5. Jika semua bahan sudah dimasukkan pula, aduk-aduk terlebih dahulu agar semua bahan atau bumbunya tercampur secara merata.
  6. Selanjutnya tutup teflon atau wajan dengan menggunakan penutup dan masak ayam ungkep dengan menggunakan api sedang.
  7. Jangan lupa pula, untuk sesekali Anda harus membolak-balikan ayam ungkep tersebut agar ayam bisa matang secara merata.
  8. Jika air rebusan ungkep sudah mulai sedikit atau menyusut dan ayam sudah matang maka Anda bisa mengangkat ayam ungkep tersebut dan tiriskan ke dalam wadah. Tunggu beberapa saat hingga ayam ungkep tersebut benar-benar dingin. 

Namun, jika Anda memiliki bahan makanan lainnya seperti tempe maka Anda juga bisa memanfaatkan sisa ungkepan ayam tadi. Jadi, Anda bisa memasukkan potongan tempe ke air rebusan ungkepan ayam, balur secara merata dan rebus sebentar. Apabila, kira-kira sudah matang maka Anda bisa mengangkatnya.

Setelah Anda sudah tiriskan ayam ungkep tadi ke wadah yang lain maka Anda bisa menunggunya sampai benar-benar dingin dan kemudian bisa menutupnya serta memasukkan ayam ungkepan tersebut ke dalam freezer. 

Ayam yang telah diungkep ini akan bisa bertahan lama dan bahkan bisa berbulan-bulan. Namun, yang terpenting adalah Anda bisa menyimpan ayam ungkep di dalam wadah tertutup dan dapat memasukkannya ke dalam freezer. Jika Anda ingin menggorengnya Anda bisa mengeluarkannya terlebih dahulu hingga sampai bekunya menghilang dan Anda bisa langsung menggorengnya di minyak panas. 

Bagaimana, sangat mudah sekali bukan cara masak ayam ungkep ini? jadi itu dia bahan-bahan atau bumbu rempah yang bisa Anda persiapkan untuk memasak ayam ungkep hingga sampai ke caranya. Anda juga bisa melihat kembali langkah-langkah pembuatannya melalui channel video CR Cook di bawah ini :

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here