Kota Bogor selalu menjadi pilihan destinasi liburan bagi orang-orang dari berbagai daerah terutama Jakarta. Tak heran jika weekend, kota Bogor sangat macet. Saya pribadi tidak pernah bosen jalan-jalan ke Bogor karena suasana kota Bogor yang sejuk dan saya sangat suka berwisata kuliner di Bogor. Tepatnya di bulan Agustus yang lalu saya beserta keluarga saya  menghabiskan weekend di Bogor. Tidak seperti sebelum pandemi, perjalanan saya ke Bogor sangat lancar, tidak macet sama sekali. 

Pada hari itu, cuaca di Kota Bogor sangat sejuk dan tidak hujan. Saya dan keluarga saya menginap 1 malam di Bogor di Hotel Royal yang terletak di Jl. H. Juanda. Pada hari itu, hampir semua hotel di Bogor penuh, saya belum melakukan booking kamar hotel saat itu. Beruntungnya saya bisa mendapatkan kamar kosong di Hotel Royal dan pemandangan dari kamar saya sangat bagus. Saya bisa melihat pemandangan kota Bogor dari kamar saya tersebut.

Tidak lengkap rasanya jika tidak berwisata kuliner kalau pergi ke Bogor. Kebetulan, dari jauh-jauh hari saya sudah berencana mau mendatangi salah satu cafe yang hits banget di kota Bogor. Cafe ini terkenal dengan kopinya yang enak dan dessertnya yang unik banget. Saya beserta keluarga saya mendatangi cafe tersebut pada siang hari. Cafe tersebut bernama Raindear, terletak di Jl. Bina Marga I. Konsep cafe ini sangat menarik karena bangunannya bernuansa Eropa. Cafe Raindear ini terdiri dari 2 lantai, dan pada saat saya kesana, saya harus menunggu terlebih dahulu karena pengunjung ramai sekali sehingga tidak ada meja yang tersedia untuk saya dan keluarga saya. 

Setelah menunggu kurang lebih 30 menit, akhirnya saya dipersilahkan masuk ke dalam cafe Raindear dan saya mendapatkan meja di lantai 1. Hampir semua pengunjung di cafe Raindear memesan kopi 1 liter yang merupakan produk minuman andalan cafe Raindear. Ketika sudah mendapatkan meja, waitress langsung memberikan kami menu dan jika mau memesan makanan maka kami harus langsung memesan ke kasir. Harga menunya menurut saya cukup terjangkau, berkisar antara 21 ribu hingga 80 ribu Rupiah.

Saat itu, saya dan keluarga saya memesan es kopi original 1 liter, wagyu steak with truffle oil, salmon mentaiko, spaghetty carbonara with egg dan yang paling bikin saya penasaran adalah puppy chocolate mousse. Di halaman belakang cafe, tersedia juga beberapa meja untuk pengunjung yang mau duduk di luar cafe. Suasana cafe Raindear menurut saya sangat nyaman ditambah ada band juga yang siap menghibur pengunjung cafe pada saat saya berkunjung ke cafe Raindear. Konsep cafe Raindear ini sangat menarik karena semua bangunan cafe terdiri dari kaca kecuali bagian atapnya. Tak heran jika banyak sekali orang yang rela mengantri demi ke cafe ini.

Menu pesanan kami

Setelah menunggu kurang lebih 30 menit, akhirnya makanan kami datang. Tanpa berlama-lama kami pun langsung mencicipi makanan yang telah kami pesan. Untuk rasa kopi originalnya, benar-benar enak sekali. Aroma kopinya sangat enak dan rasa kopinya seimbang dengan rasa susunya. Pantas saja banyak sekali orang yang memesan kopi originalnya bahkan sampai dijadikan oleh-oleh. Kemudian untuk menu wagyu with truffle oil saya sendiri kurang suka walaupun rasa dagingnya enak sekali. Truffle oilnya terlalu berasa, saya sendiri tidak terlalu menyukai truffle oil. Namun, menurut adik saya yang memesan menu tersebut, rasa wagyu with truffle oil Raindear enak sekali. Menu yang saya pesan untuk diri saya sendiri adalah spaghetti carbonara with egg. Menurut saya rasanya benar-benar enak dan beda dibanding carbonara di resto lainnya. Ditambah dengan telur mata sapi setengah matang rasanya tambah enak. Saya benar-benar menyukainya bahkan setelah pulang dari Bogor saya selalu terbayang-bayang dengan spaghetty carbonara Raindear. Lalu menu yang dipesan oleh mama saya adalah salmon mentaiko. Ini juga sangat enak. Saus mentainya sangat pas tidak terlalu asam atau tidak terlalu pedas. Salmonnya juga sangat enak tidak amis dan sangat lembut.

Dan untuk dessert nya yaitu puppy chocolate mousse, bentuknya sangat unik dan estetik sekali. Ini adalah chocolate mousse berbentuk anak anjing yang unik banget dan sayang banget untuk di makan. Saking miripnya dengan anak anjing sungguhan, saya sampai tidak tega untuk memotongnya untuk kemudian dimakan. Menurut saya, rasa puppy chocolate mousse Raindear sangat enak, tidak terlalu manis yang sampai bikin enek. Cuma karena sangat beku jadi saya harus menunggu sebentar hingga puppy chocolate moussenya bisa dipotong dengan sendok.

puppy chocolate mousse

Oia, untuk pelayanan dari cafe Raindear menurut saya sangat memuaskan. Walaupun saat itu cafe sedang sangat ramai tapi waitressnya tetap ramah dan cekatan. Saran saya, jika akan ke cafe ini sebaiknya reservasi terlebih dahulu karena kalau weekend pengunjung sangat ramai. Beruntungnya waktu itu saya hanya menunggu sebentar untuk dapat meja. Setelah saya pulang dari cafe tersebut, saya melihat antrian tunggu pengunjung sudah sangat ramai. 

Demikianlah pengalaman saya mengunjungi cafe Raindear di Bogor. Semoga pengalaman saya tersebut dapat menjadi referensi anda jika berminat mengunjungi cafe Raindear di Bogor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here