Foto: Instagram @rendangpakkumis
Foto: Instagram @rendangpakkumis

Siapa sih yang nggak kenal rendang? Hayoloh ngacung!

Rendang adalah masakan asli Sumatera Barat. 
Namun saat ini rendang telah menyebar ke seluruh penjuru tanah air karena kelezatannya yang aduhai.

Rendang ini dibuat dengan bahan utama daging sapi. Cara memasak rendang yaitu dengan cara memasaknya dengan santan dan rempah-rempah.

Rendang menjadi favorit banyak lidah masyarakat karena perpaduan rasa gurih, manis, dan pedasnya yang mantap.

Ada beberapa fakta rendang yang wajib kamu tahu:

1. Masuk dalam peringkat pertama masakan terenak di dunia
Jangan bangga dulu kalau kamu fikir Sushi asal Jepang itu masakan paling enak sedunia. Ingat, diatas orang kaya masih ada hotman paris. Diatas Sushi masih ada rendang lho. Tau nggak? CNN International menobatkan rendang jadi masakan paling enak nomor satu di dunia.

2. Muncul sejak ratusan tahun lalu
Asal usul rendang adalah masakan kerajaan yang hanya disajikan ketika para bangsawan akan melakukan suatu perjalanan. Rendang telah muncul sejak tahun 1500 an. Pada zaman dahulu rendang digunakan sebagai menu perbekalan karena awet dan tidak cepat basi. Rendang kering bahkan bisa bertahan hingga 3 bulan lamanya.

3. Waktu masak rendang agak lama, harus sabar ya
Buat kamu yang pengen masak rendang, kamu harus siap sabar soalnya bikin rendang butuh waktu lama antara 4 sampai 8 jam. Daging sapi yang awalnya alot harus dimasak sampai empuk. Itulah mengapa butuh waktu yang lama sampai daging benar-benar siap untuk dimakan. Minimal nggak bikin gigi cenut-cenut buat gigit rendang.

4. Jadi menu wajib saat lebaran
Entah mengapa masakan rendang identik dengan menu lebaran. Bisa jadi hal ini karena banyak umat muslim yang mendapat jatah daging sapi atau kambing ketika momen lebaran.

5. Mendapat pengaruh dari India
Dulu daerah Sumatra menjadi pusat perdagangan dunia sehingga banyak sekali rempah-rempah asal India yang mampir ke sini. Lama-lama, orang India yang berdagang di Sumatra tersebut memilih daerah Sumatra sebagai tempat tinggal menetap. Akhirnya terciptalah masakan rendang.

6. Ada dua jenis rendang: kering dan basah
Terdapat dua jenis rendang: Kering dan Basah. Rendang kering dimasak dengan cara mengeringkan santan sementara rendang basah dimasak dalam waktu singkat supaya santan tidak mongering. Bila rendang basah hanya bisa bertahan seminggu, rendang kering bisa bertahan sampai 3 bulan lamanya.

Itu tadi beberapa fakta seputar rendang yang wajib kamu tahu.

Bikin rendang sebenarnya gampang kok. Cuman, kamu harus sabar membuatnya. Bagi kamu yang ingin bikin bangga mertua dan suami, boleh loh coba bikin rendang. Siapa tahu jadi makin sayang kan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here