Foto: Instagram @sendertembok.coffee
Foto: Instagram @sendertembok.coffee
Bagi generasi millenials, Kopi sering diidentikkan dengan minuman anak indie pecinta senja dan puisi.
 
Padahal sebelum trend kopi dan anak indie mewabah, kopi sudah akrab masuk di warung-warung dan angkringan di seluruh penjuru nusantara.
 
Kopi tak bisa lepas pula dari budaya penduduk nusantara yang selalu menyeruput minuman ini ketika musyawarah atau rapat desa dilaksanakan.
 
Kopi dan cengkerama tidak bisa lepas. Dimana ada kopi, disitu ada teman ngopi yang nantinya memunculkan ide-ide baru lewat cengkerama tengah malam maupun pagi hari.
 
Singkatnya, kebiasaan ngopi ini sudah ada sejak lama.
Jenis-jenis kopi di seluruh nusantara juga banyak macamnya. Ada kopi arabika, kopi robusta, maupun kopi samarinda.
 
Kebanyakan warna kopi adalah hitam. Kenapa dibilang kebanyakan?
 
Soalnya, ada salah satu kopi di dunia ini yang berwarna hijau. Yuk simak fakta tentang Kopi Ijo yang sangat legendaris ini
 
1. Yup, nama kopi ini adalah kopi Ijo seperti warnanya.
Seperti namanya, kopi ijo ini berwarna sedikit kehijau-hijauan ketika air kopi dituang di lepek (piring kecil). Ini bukan sembarang nama atau candaan karena nyatanya ketika sobat kuliner coba untuk melihat secara langsung, warna kopi ini tidak benar-benar hitam. Warnanya agak kehijau-hijauan
 
2. Berasal dari Tulungagung
Kopi ijo ini asalnya dari Tulungagung. Selain terkenal dengan industri marmer, daerah ini memiliki banyak sekali warung kopi baik di kabupaten maupun pedesaannya. Banyak sekali warung kopi di Tulungagung yang menyajikan Kopi Ijo.
 
Akan tetapi, ada salah satu home industry di Tulungagung yang sangat terkenal dengan Kopi Ijonya yang begitu khas. Kopi Bubuk Waris, demikian disebut, telah menjadi merek dagang yang sangat terkenal hingga negeri tetangga.
 
3. Asal-muasal warna hijau pada kopi Ijo
Kopi Ijo ini dibuat dari buah kopi yang masih agak mentah (yang berwarna hijau). Proses penyangraiannya yakni dengan cara biji kopi dikeringkan secara alami dibawah terik matahari lalu disangrai menggunakan kayu bakar yang kering. Tempat penyangraiannya yaitu wajan dari tanah liat. Karena itulah terkadang ketika menyeduh Kopi Ijo ini masih terasa aroma sangitnya.
 
4. Meminum Kopi Ijo dapat menjaga metabolisme tubuh
Kopi Ijo ini berasal dari biji kopi mentah. Bila ekstrak biji kopi mentah ini diminum setiap hari, niscaya metabolisme tubuh dapat berjalan lebih lancar. Metabolisme tubuh yang berjalan lebih lancar dapat membantu kamu yang berniat untuk cepat mengecilkan bada. Wah, cocok banget buat sobat yang mau diet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here